Sabtu, 07 Januari 2012

Pesawat Rakitan Siswa SMK Jakarta Mampu Untuk Terbang Sampai Malaysia

Sebelum siswa SMK Solo merakit mobil Esemka, Pelajar SMK 29 Jakarta ternyata sudah mampu merakit pesawat.

Pesawat yang diberinama Jabiru J430 itu mampu terbang dari Jakarta ke Surabaya dengan kecepatan rata-rata 130 knot dan berbahan bakal 80 liter Pertamax.

Dengan bobot 200 kilogram, panjang sayap 9,5 meter, panjang badan 6,5 meter, dan tinggi 2,4 meter, pesawat yang dirancang untuk empat kursi yaitu pilot, ko-pilot, dan dua penumpang ini juga diyakini mampu terbang sampai ke Singapura dan Malaysia.

"Dengan kekuatan 3300 cc berbahan bakar pertamax, pesawat bisa digeber sampai ketinggian maksimal 14 ribu kaki dengan kecepatan 130 knot. Tapi kalau untuk terbang lebih nyaman cukup di bawah 10 ribu kaki," jelas Kepala Program Keahlian Airframe & Powerplant SMK N 29 Jakarta, Ahmad Budiman, akhir pekan kemarin.

Ahmad mengakui, bahan yang digunakan masih mengandalkan material impor karena hampir 95 persen berbahan komposit kimia. "Tapi, untuk bahan-bahan pendukung lain semuanya lokal," katanya.

Dia menambahkan, perakitan Jabiru sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu oleh siswa kelas dua dan kelas tiga dari jurusan Air Frame dan Power Plant.

Selama perakitan, katanya, para siswa didampingi para instruktur maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airways, Lion Air, TNI Angkatan Udara (AU), dan Federasi Aerosport Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, pihaknya pernah mengajukan bantuan untuk perakitan mobil. "Tapi belum disetujui. Yang disetujui malah perakitan pesawat," ujarnya.

Selain merakit pesawat, kata Taufik, siswa SMKN 29 Jakarta juga sudah pernah membuat  laptop, televisi dan sepeda motor. "Kami malah pertama yang merakit motor di Indonesia," pungkasnya.
Sumber:http://m.berita8.com/news.php?tgl=&cat=7&id=51676

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar

twitter

HTML Comment Box is loading comments...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...