Selasa, 03 Januari 2012

Bumbu Dapur yang Berkhasiat sebagai Obat

Ada banyak bumbu dapur dan rempah-rempah yang ternyata tidak hanya cocok untuk pelengkap masakan, tapi juga berkhasiat sebagai obat. Apa saja sih? Berikut ini ada beberapa bahan alami yang sering kita temukan di dapur dan halaman belakang yang ternyata juga ampuh meringankan beberapa penyakit. Silahkan disimak yaaa…

Jahe
Jahe berkhasiat meringankan batuk. Caranya dengan membakar jahe seukuran jempol selama 15 menit, lalu dimemarkan. Seduh dengan segelas air panas dan tambahkan madu. Dijamin ampuh.

Ketumbar
Racikan ketumbar yang dihaluskan dan disedu dengan air panas ternyata ampuh untuk mengatasi masuk angin. Jangan lupa tambahkan madu agar lebih manis dan khasiatnya lebih terasa. Selain itu, ramuan ketumbar, cengkeh, parutan pala dan kunyit juga berkhasiat untuk meringankan nyeri haid. Seduh campuran tersebut dengan air panas dan minumlah selagi hangat.

Daun Salam
Daun salam bisa mengobati gatal-gatal pada tubuh, termasuk juga untuk kudis! Caranya, ambil batang, daun dan akar salamyang sudah dicuci, haluskan sampai jadi bubur lalu balurkan diatas kulit yang gatal. Bila perlu bisa ditambah kain tipis untuk menahan bubur salam agat tidak jatuh.

Bangle
Rempah yang mirip seperti kencur ini berkhasiat untuk meredakan demam. Parutan bangle cukup diseduh dengan air panas dan ditambahkan satu sendok madu. Minum dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar

twitter

HTML Comment Box is loading comments...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...